Cara Mengatasi Kutu Pada Tanaman Cabai

Salah satu penyebab tidak maksimalnya budidaya cabai adalah terjadinya Daun Keriting pada tanaman. Hal ini disebabkan akan menurunkan produktifitas tanaman tersebut untuk berbunga dan berbuah. Untuk dapat mengatasinya perlu diketahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menyebabkan Daun menjadi keriting. Beberapa fartor tersebut antara lain adalah:cara-mengatasi-kutu-pada-tanaman-cabai-jual-nasa

  1. Hama trips tanaman cabai

Hama ini bisa menjadi perantara (vector) yang baik berbagai penyakit virus. Hama trips merupakan penyebab terbesar terjadinya daun keriting pada daun cabai. Gejala yang ditimbulkan oleh trips pada daun cabai adalah:

  • Adanya daun keriting dengan bentukan lekukan menggulung ke atas.
  • Rontoknya bunga cabai. Pada permukaan daun bagian atas biasanya juga terdapat lapisan mengkilap seperti perak. Hama tanaman ini sangat mudah dilihat kasat mata pada bunga-bunga tanaman cabai dan di dalam gulungan daun cabai, berbentuk kecil memanjang seperti semut hitam dengan warna ada yang hitam dan hijau.
  1. Serangan oleh Tungau

Tungau adalah sekelompok hewan kecil bertungkai delapan. Jenis hama ini menyerang dengan gejala yang khas, yaitu daun yang terserang akan melengkung ke bawah dengan rapih. Serangan tungau biasanya terjadi pada daun yang ketiga sampai ke bawah. Jika daun yang menggulung dibuka dan diperhatikan secara teliti maka permukaan daun bagian bawah akan terdapat binatang yang sangat lembut sekali yang bergerak secara perlahan-lahan. Biasanya tungau yang berada pada permukaan daun tersebut berwarna hijau.

  1. Serangan Virus

Virus yang menyerang pada tanaman cabai disebarkan oleh hama vektor myzus dan bermisia (kutu kebul). Kutu Daun (Myzus persicae) tergolong dalam family Aphididae, hama ini merupakan serangga super kecil (ukurannya 1/32 sampai 1/8 inci) Walaupun kecil, tapi masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Kutu daun ini berwarna hijau tua sampai hitam atau kuning kecoklatan. Hama ini termasuk polifag. Kutu daun betina mampu menghasilkan keturunan tanpa kehadiran pejantan.

cara-mengatasi-kutu-pada-tanaman-cabai-jual-nasaJika virus menyerang pada tanaman cabai akan memberikan gejala yang bermacam-macam sesuai dengan jenis virusnya. Salah satu gejala yang diakibatkan oleh virus tanaman cabai adalah adanya daun tanaman cabai yang menggulung atau keriting. Keriting daun yang disebabkan oleh virus dapat dibedakan dengan penyebab lain karena virus ini akan menyebabkan sebagian besar daun cabai menggulung. Hal ini berbeda dengan gejala yang diakibatkan oleh serangan hama trip atau tungau yang akan menggulung daun cabai di bagian ujungnya saja. Gejala keriting daun oleh virus kadang-kadang juga diikuti oleh kerdilnya tanaman serta berubahnya warna daun.

Daun keriting akan menyebabkan berkurangya cairan pada tanaman. Hal ini terjadi karena hama trips dan tungau menghisap cairan pada tanaman. Untuk cara mengatasinya kutu pada tanaman cabai, perlu dilakukan beberapa tindakan, antara lain:

  • Jangan menanam secara bertahap, karena hanya akan memindahkan kutu / virus / penyakit dari tanaman tua ke tanaman yang muda.
  • Lakukan dengan jalan penggiliran tanaman.
  • Bersihkan gulma yang ada disekitar tanaman.
  • Pijat dengan jari kumpulan (koloni) kutu yang ditemukan.
  • Semprotkan pestisida organik Nasa yakni PESTONA dengan dosis 4 tutup/tangki 12lt.
  • Lakukan sore hari dan semprotkan di bawah daun, jika musim penghujan diajnurkan ditambah AERO-810 dengan dosis 1 tutup/tangki 12lt. Pagi Hari semprotkan POC NASA 4-5 tutup/tangki + 1 tutup hormonik, lakukan PAGI HARI antara jam 06.30 – 10.00 semprotkan dibawah daun agar kena stomata pohon cabai dengan maksud untuk memperbaiki pertumbuhan tanaman cabai. jika POC NASA + HORMONIK tidak ada, bisa digantikan GREEN STAR, atau BINTANG TANI.

GREENSTAR Merupakan pupuk organik yang murni dibuat dari bahan-bahan organik dengan fungsi multiguna. Kandungan unsur hara yang terkandung di dalamnya baik unsur macro maupun micro sangat berperan dalam perkembangan tanaman.

Order Produk NASA

KLIK GAMBAR DIBAWAH

jual produk nasa

INTIGROW – Distributor Resmi NASA

(Natural Nusantara)

Komplek Ruko Griya Hinggil Blok RB

Jl. Bibis Raya KM 8 Bangunjiwo Bantul DI. Yogyakarta

Telepon / SMS

0812 2652 3400 Simpati

0813 2766 9906 Simpati

0822 2071 4181 Simpati

Whatsapp

0812 2652 3400

0813 2766 9906