Cara Meningkatkan Produksi Cengkeh Indonesia

Saat ini 90% lebih hasil produksi cengkeh Indonesia digunakan sebagai bahan baku pada industri rokok kretek. Dan 10% sisanya banyak digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kecantikan. Namun sayangnya, kebutuhan yang besar tersebut sampai dengan sekarang belum bisa dipenuhi oleh hasil produksi cengkeh dalam negeri. Produksi cengkeh nasional belum bisa mengejar target pemenuhan kebutuhan.

Rata-rata hasil produksi cengkeh nasional dalam tiga tahun terakhir ini masih berkisar 260 kg – 360 kg per ha. Masih sangat jauh dari potensi sesungguhnya yang mestinya bisa mencapai 500 kg sampai dengan 600 kg per ha. Kebutuhan cengkeh dalam negeri saat ini mencapai 120.000 ton per tahun. Sementara hasil produksi nasional baru memenuhi sekitar 70.000 sampai dengan 80.000 ton per tahun.

Dengan kondisi produktivitas yang kecil tersebut tentu saja wajar apabila akhirnya pemerintah mengimpor cengkeh dari luar negeri guna memenuhi kebutuhan nasional yang cukup besar. Apalagi indikasi permintaan cengkeh nasional setiap tahun selalu menunjukkan grafik peningkatan. Bahkan diprediksi pada tahun 2015 mendatang kebutuhan cengkeh nasional akan mencapai 130.000 ton. Pertanyaannya, masih mungkinkah produksi cengkeh Indonesia digenjot?

Power Nutrition Meningkatkan Produktivitas Cengkeh

Untuk menjawab tantangan besar tersebut, saat ini telah dihadirkan sebuah formula pupuk organik yang mempunyai kemampuan meningkatkan produktivitas cengkeh di Indonesia, yaitu Power Nutrition.

Power Nutrition adalah pupuk organik dengan kandungan unsur sangat lengkap memenuhi untuk kebutuhan unsur hara makro dan mikro bagi pertumbuhan tanaman cengkeh. Power Nutrition membantu mengurangi kerontokan bunga/buah cengkeh dan membantu meningkatkan kualitas serta meningkatkan keawetan buah dari kerusakan setelah panen. Di samping itu, manfaat penggunaan pupuk organik Power Nutrition ini adalah untuk memperbaiki kerusakan tanah secara bertahap, meningkatkan kesuburan tanah dan membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman.

Dengan pemakaian rutin pupuk organik Power Nutrition dengan interval pemupukan minimal 3 bulan sekali akan membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas hasil panen cengkeh Indonesia. Sehingga kebutuhan cengkeh nasional bisa terpenuhi. 

Order Produk NASA

KLIK GAMBAR DIBAWAH

jual produk nasa

INTIGROW – Distributor Resmi NASA

(Natural Nusantara)

Komplek Ruko Griya Hinggil Blok RB

Jl. Bibis Raya KM 8 Bangunjiwo Bantul DI. Yogyakarta

Telepon / SMS

0812 2652 3400 Simpati

0813 2766 9906 Simpati

0822 2071 4181 Simpati

Whatsapp

0812 2652 3400

0813 2766 9906